Sunday, March 1, 2015

Cara Saya Menghemat Tinta Printer Agar Awet

8:03 AM

Share it Please
cara merawat dan menghemat tinta printer- Punya printer itu cara ngewatnya susah susah gampang karena jika ada sobat tidak tahu apa apa tentang printer malah bisa membuat printer cepat rusak dan berantakan, seperti memilih merk tinta yang sesuai dengan merek printer sobat karena ada beberapa yang memakai merek tinta yang membuat hasilnya jadi tidak bagus dan tidak optimal. demikian juga dalam hal merawat printer mulai dari software nya sampai poda hardware itu sendiri. dalam bahasan kali ini saya akan menulis tentang cara agar tinta tidak mudah habis namun dan cara ini bisa sobat gunakan untuk menghemat agar nantinnya tinta tidak mudah habis.

cara merawat tinta printer


Baiklah untuk memulai cara menghemat printer sebaiknya sobat membandingkan dengan apa yang saya tulis di bawah ini.

Cara Paling mudah Menghemat tinta printer 


1. Sobat Lakukan print preview dahulu sebelum melakukan pencetakan

Print preview memang sangatlah penting, hal ini dilakukan untuk melihat hasil cetakan sebelum di cetak menggunakan printer, sehingga kita bisa mengecek apakah masih ada kekeliruan dalam dokumen yang akan kita cetak

2. Gunakan jenis font yang hemat tinta

cara yang kedua yaitu, gunakanlah font hemat tinta, karena ada banyak sekali jenis font yang ada pada komputer, maka pilihlah font yang berjenis tipis, karena secara otomatis, font berjenis tipis akan mengkonsumsi tinta yang lebih sedikit dibanding font dengan bentuk tebal

3. Gunakan mode DRAFT

jika anda menggunakan mode ini untuk melakukan pencetakan, maka anda bisa menghemat banyak waktu dan biaya, karena mode draft bisa mempercepat proses pencetakan yang anda lakukan, hal ini disebabkan karena mode ini menjadikan jenis font yang di gunakan berubah menjadi font berjenis tipis dan secara lansung juga akan menghemat penggunaan tinta printer anda, mode ini bisa diaktifkan dengan cara pilih Properties > Printing Shortcut > Print Quality > Fast Draft pada kotak dialog Print..


4. Tingkatkan kecerahan gambar

dalam melakukan pencetakan dokumen, tentunya kita tidak selalu mencetak dokumen dalam bentuk teks saja, ada disaat kita mencetak dokumen dalam bentuk file gambar yang tentunya akan menggunakan lebih banyak tinta di banding mencetak dokumen dalam bentuk teks, maka untuk menghemat tinta printer kita hal yang harus dilakukan yaitu memperbesar tingkat kecerahan gambar yang akan kita cetak, karena gambar yang lebih cerah akan mengkonsumsi tinta printer yang lebih sedikit dengan gambar gelap atau solid, sialhkan dibuktikan sendiri kalau kurang percaya :D.


5. Gunakan mode Grayscale

cara yang kelima untuk meghemat penggunaan tinta printer yaitu dengan cara menggunakan me=ode grayscale (abu-abu), tulisan dengan warna hitam solid akan diubah menjadi warna abu-abu dengan menggunakan mode grayscale ini, jadi penggunaan tinta warna hitam akan bisa lebih di hemat lagi.
mem

6. Cetak beberapa dokumen dalam selembar kertas

tips terakhir yang menurut saya paling efektif  yaitu dengan mencetak beberapa dokumen sekaligus dalam satu lembar kertas, misalnya jika biasanya kita mencetak empat dokumen menggunakan empat lembar kertas, maka untuk menghemat tinta dan kertas kita bisa mencetak empat dokumen tersebut kedalam satu lembar kertas saja, atau jika terlalu kecil anda bisa mencetaknya menjadi dua lembar kertas, dengan cara ini, sleain menghemat tinta, anda juga bisa menghemat penggunaan kertas, cara menggunakannya sangatlah mudah, anda tinggal mengubah pengaturan pada menu print, pilihlah opsi 2 pages per sheet. mudah bukan.


Terima kasih sudah memberikan waktu untuk membaca artikel dari saya dengan judul menghemat tinta printer semoga bisa memberikan manfaat dan memberikan wawasan. selamat malam..


0 comments:

Post a Comment