Saturday, November 22, 2014

Cara Mengatasi Flashdisk Yang Basah Terkena Air

9:31 AM

Share it Please
Cara mengatasi masalah flashdisk yang basah terkena air - sangat sering kita mendengar keluhan teman yang kehujanan flasdisk mereka juga ikut basah atau juga banyak yang lupa saat berada di kamar mandi flasdisk ikut terjatuh di dalam bak mandi sehingga flasdisk basah kuyup. dari pengalaman saya elektronik memang musuhan dengan air sedikit saja air mengenai barang-barang elektronik maka bisa berakibat fatal karena ketika sebuah elektronik bekerja semua komponen saling terhubung dan arus tegangan didalamnya tidak boleh  bertabrakan dan air adalah zat yang mudah untuk menghantar tegangan maka dari itu banyak kasus elektronik yang sedang menyala bisa konslet gara-gara terkena air. jika pertama kali anda mengalami kebasahan flash disk maka sebaiknya anda tidak perlu panik selama flashsidk tidak teraliri listrik karena masih ada harapan untuk di coba berikut adalah solusi flashdiks yang terkena air.

mengatasi flashdisk terkena air


Langkah Mengatasi  Flashdisk Yang Basah Terkena Air


1.  Jangan Hubungkan /colokkan Flashdisk Ke Komputer ketika Flashdisk masih basah
Seperti yang pernah saya singgung di atas bahwa air adalah zat yang mudah menghantar aliran listrik karena dalam keadaan menyala flashdisk yang masih basah bisa menyebabkan korsleting arus listrik. sebaiknya lakukan hal seperti mengeringkan terlebih dahulu flashdisk tersebut sampai benar-benar kering.


2. Buka Penutup Flashdisk dan Keringkan 
hal ini dilakukan karena kemungkinan air masih ada di dalam body flashdisk untuk mengeringkan nya anda harus membuka penutupnya dan mengeringkannya di bawah terik matahari atau jika anda mempunyai peralatan seperti pengering rambut atau pemanas lainnya anda bisa menggunakannya sebagai alternatif pemanas, biasanya untuk membuka flasdisk sangat mudah karena rata-rata flasdisk tidak ada mur atau bautnya.  namun harap diperhatikan dalam proses pengeringan sebaiknya jangan sampai terlalu lama karena bisa menyebabkan kerusakan pada mesin flashdisk seperti IC nya yang over panas.

setelah selesai melakukan step di atas sebelum mencolokkan flashdisk ke Post USB laptop / komputer pastikan flashdisk sudah kering dan bersih. Saya kira sangat simpel langkah mengatasi flashdisk yang terkena air. selamat mencoba semoga beruntung

    0 comments:

    Post a Comment